RPP Daring: Ciri-Ciri Gerakan Muhammadiyah
Table of Contents
![]() |
| Image: Ricinator/pixabay.com |
Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA
Mata pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok : Ciri-ciri Gerakan Muhammadiyah
Alokasi Waktu : 3 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik dapat:
- Menguraikan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam. (KD 3)
- Menguraikan Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah amar ma`ruf nahi munkar. (KD 3)
- Menguraikan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid. (KD 3)
- Menguraikan Muhammadiyah sebagai gerakan nasional. (KD3)
- Menyusun tayangan power point tentang Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi munkar, tajdid, dan gerakan nasional. (KD4)
- Mempresentasikan tayangan power point tentang Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi munkar, tajdid, dan gerakan nasional (KD 4)
B. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 JP)
Pendahuluan (5 menit)
- Guru Mengucapkan salam
- Guru menunjuk menyampaikan kepada peserta didik untuk berdoa sebelum belajar
- Guru mengecek kehadiran peserta didik
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa pada pertemuan ini
- Guru menyampaikan tentang ruang lingkup matari yang akan dipelajari pada pertemuan hari ini.
- Guru menanyakan kepada peserta didik mengapa kita perlu mempelajari tentang ciri-ciri gerakan Muhammadiyah
Inti (50 menit)
- Guru dan siswa membuka aplikasi Google Classroom
- Guru Membagi materi berupa word, power point, PDF, audio atau video ke Google Classroom tentang ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan gerakan dakwah ‘amar ma’ruf nahi munkar
- Guru Membagikan Tugas 01 untuk dikerjakan peserta didik tentang ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan gerakan dakwah ‘amar ma’ruf nahi munkar
- Guru Menanyakan pada peserta didik apakah sudah dapat memahami tentang tugas yang harus dikerjakan
- Guru mendampingi masing-masing peserta didik untuk mengerjakan Tugas 01 dan mengumpulkan sebelum jam KBM berakhir
- Guru Memberikan Penguatan terkait ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan gerakan dakwah ‘amar ma’ruf nahi munkar
Penutup (5 menit)
- Guru melakukan evaluasi untuk umpan balik terkait dengan materi yang telah dikuasai peserta didik
- Guru menyampaikan tugas kepada peserta didik untuk membaca atau mencari informasi tentang peran Muhammadiyah dalam menjawab masalah-masalah sosial keagamaan
- Guru Menyampaikan materi atau topik yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
- Guru Menutup pelajaran dengan mengucapakan salam
Pertemuan 2 (1 JP)
Pendahuluan (5 menit)
- Guru Mengucapkan salam
- Guru menunjuk menyampaikan kepada peserta didik untuk berdoa sebelum belajar
- Guru mengecek kehadiran peserta didik
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa pada pertemuan ini
- Guru menyampaikan tentang ruang lingkup matari yang akan dipelajari pada pertemuan hari ini.
- Guru menanyakan kepada peserta didik mengapa kita perlu mempelajari tentang ciri-ciri gerakan Muhammadiyah
Inti (50 menit)
- Guru dan siswa membuka aplikasi Google Classroom
- Guru Membagi materi berupa word, power point, PDF, audio atau video ke Google Classroom tentang ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid dan gerakan nasional
- Guru Membagikan Tugas 02 untuk dikerjakan peserta didik tentang ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid dan gerakan nasional
- Guru Menanyakan pada peserta didik apakah sudah dapat memahami tentang tugas yang harus dikerjakan
- Guru mendampingi masing-masing peserta didik untuk mengerjakan Tugas 02 dan mengumpulkan sebelum jam KBM berakhir
- Guru memberikan penguatan terkait ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid dan gerakan nasional
Penutup (5 menit)
- Guru melakukan evaluasi untuk umpan balik terkait dengan materi yang telah dikuasai peserta didik
- Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
- Guru menyampaikan tugas kepada peserta didik untuk membaca atau mencari informasi mendalam tentang peran Muhammadiyah dalam gerakan tajdid dan gerakan nasional
- Guru Menyampaikan materi atau topik yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
5. Guru Menutup pelajaran dengan mengucapakan salam
Pertemuan 3 (1 JP)
Pendahuluan (5 menit)
- Guru Mengucapkan salam
- Guru menunjuk menyampaikan kepada peserta didik untuk berdoa sebelum belajar
- Guru mengecek kehadiran peserta didik
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa pada pertemuan ini
- Guru menyampaikan tentang ruang lingkup matari yang akan dipelajari pada pertemuan hari ini.
- Guru menanyakan kepada peserta didik mengapa kita perlu mempelajari tentang ciri-ciri gerakan Muhammadiyah
Inti (50 menit)
- Guru dan siswa membuka aplikasi Google Classroom
- Guru Membagikan Tugas 03 (keterampilan) untuk dikerjakan peserta didik tentang bentuk-bentuk penyimpangan dalam beragama yang mengandung unsur syirik, bid’ah, khurafat, dan takhayul di daerah masing-masing
- Guru Menanyakan pada peserta didik apakah sudah dapat memahami tentang tugas yang harus dikerjakan
- Guru mendampingi masing-masing peserta didik untuk mengerjakan Tugas 03 dan mengumpulkan sebelum jam KBM berakhir
Penutup (5 menit)
- Guru melakukan evaluasi untuk umpan balik terkait dengan materi yang telah dikuasai peserta didik
- Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
- Guru menyuruh kepada peserta didik untuk belajar dengan giat untuk persiapan ulangan harian 01
- Guru Menutup pelajaran dengan mengucapakan salam.
C. Penilaian Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Penilaian
1. Penilaian Sikap
- Teknik penilaian : observasi
- Bentuk penilaian : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
- Instrumen penilaian : jurnal (terlampir)
2. Pengetahuan
- Jenis/Teknik tes : Tes Tertulis/ Essay Tes
- Bentuk tes : PG/Uraian
- Instrumen Penilaian (terlampir)
3. Keterampilan
- Teknik/Bentuk Penilaian : Praktik dan Proyek
- Instrumen Penilaian (terlampir)
Mengetahui Kepala Sekolah Surakarta , 4 Januari 2021
Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran,
Sri Darwati, S.Pd , M.Pd Judin, S.Pd.I

Post a Comment
2. Komentar sensitif akan dihapus
3. Gunakan bahasa yang sopan dan saling menghargai perbedaan pendapat dan sudut pandang
4. Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE