RPP Daring: Ciri-Ciri Gerakan Muhammadiyah

Table of Contents
RPP Daring: Ciri-Ciri Gerakan Muhammadiyah
Image: Ricinator/pixabay.com


Sekolah             : SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA

Mata pelajaran     : KEMUHAMMADIYAHAN

Kelas/Semester     : X/2

 Materi Pokok             : Ciri-ciri Gerakan Muhammadiyah

Alokasi Waktu            :  3 JP

A. Tujuan Pembelajaran

      Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik dapat:

  1. Menguraikan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam. (KD 3)
  2. Menguraikan Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah amar ma`ruf nahi munkar. (KD 3)
  3. Menguraikan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid. (KD 3)
  4. Menguraikan Muhammadiyah sebagai gerakan nasional. (KD3)
  5. Menyusun tayangan power point tentang Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi munkar, tajdid, dan gerakan nasional. (KD4)
  6. Mempresentasikan tayangan power point tentang Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi munkar, tajdid, dan gerakan nasional (KD 4)

B. Kegiatan Pembelajaran

     Pertemuan 1 (1 JP)

     Pendahuluan (5 menit)

  1. Guru  Mengucapkan  salam 
  2. Guru  menunjuk menyampaikan kepada peserta didik untuk berdoa sebelum belajar 
  3. Guru mengecek kehadiran  peserta didik
  4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa pada pertemuan ini
  5. Guru menyampaikan  tentang ruang lingkup matari  yang akan dipelajari pada pertemuan hari ini.
  6. Guru  menanyakan kepada peserta didik  mengapa  kita perlu mempelajari  tentang  ciri-ciri gerakan Muhammadiyah

     Inti (50 menit)
  1. Guru dan siswa membuka aplikasi Google Classroom
  2. Guru Membagi materi berupa word, power point, PDF, audio atau video ke Google Classroom tentang ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan gerakan dakwah ‘amar ma’ruf nahi munkar
  3. Guru Membagikan Tugas 01 untuk dikerjakan peserta didik tentang  ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan gerakan dakwah ‘amar ma’ruf nahi munkar
  4. Guru  Menanyakan pada peserta didik apakah sudah dapat memahami  tentang tugas yang harus dikerjakan
  5. Guru  mendampingi  masing-masing peserta didik untuk mengerjakan Tugas 01 dan mengumpulkan sebelum jam KBM berakhir 
  6. Guru Memberikan Penguatan  terkait ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan gerakan dakwah ‘amar ma’ruf nahi munkar
     Penutup (5 menit)
  1. Guru melakukan evaluasi   untuk umpan  balik terkait dengan materi yang  telah dikuasai  peserta didik
  2. Guru menyampaikan  tugas   kepada  peserta didik untuk membaca atau mencari informasi tentang peran Muhammadiyah dalam menjawab masalah-masalah sosial keagamaan
  3. Guru Menyampaikan  materi atau topik  yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
  4. Guru Menutup pelajaran dengan mengucapakan salam
    Pertemuan 2 (1 JP)

    Pendahuluan (5 menit)
  1. Guru  Mengucapkan  salam 
  2. Guru  menunjuk menyampaikan kepada peserta didik untuk berdoa sebelum belajar 
  3. Guru mengecek kehadiran  peserta didik
  4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa pada pertemuan ini
  5. Guru menyampaikan  tentang ruang lingkup matari  yang akan dipelajari pada pertemuan hari ini.
  6. Guru  menanyakan kepada peserta didik  mengapa  kita perlu mempelajari  tentang  ciri-ciri gerakan Muhammadiyah
    Inti (50 menit)
  1. Guru dan siswa membuka aplikasi Google Classroom
  2. Guru Membagi materi berupa word, power point, PDF, audio atau video ke Google Classroom tentang ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid dan gerakan nasional
  3. Guru Membagikan Tugas 02 untuk dikerjakan peserta didik tentang  ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid dan gerakan nasional 
  4. Guru  Menanyakan pada peserta didik apakah sudah dapat memahami  tentang tugas yang harus dikerjakan
  5. Guru  mendampingi  masing-masing peserta didik untuk mengerjakan Tugas 02 dan mengumpulkan sebelum jam KBM berakhir 
  6. Guru memberikan penguatan  terkait ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid dan gerakan nasional
    Penutup (5 menit)
  1. Guru melakukan evaluasi   untuk umpan  balik terkait dengan materi yang  telah dikuasai  peserta didik
  2. Guru   bersama  peserta didik  menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
  3. Guru menyampaikan  tugas   kepada  peserta didik untuk membaca atau mencari informasi mendalam tentang peran Muhammadiyah dalam gerakan tajdid dan gerakan nasional
  4. Guru Menyampaikan  materi atau topik  yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
5. Guru Menutup pelajaran dengan mengucapakan salam
    Pertemuan 3 (1 JP)

    Pendahuluan (5 menit)
  1. Guru  Mengucapkan  salam 
  2. Guru  menunjuk menyampaikan kepada peserta didik untuk berdoa sebelum belajar 
  3. Guru mengecek kehadiran  peserta didik
  4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa pada pertemuan ini
  5. Guru menyampaikan  tentang ruang lingkup matari  yang akan dipelajari pada pertemuan hari ini.
  6. Guru  menanyakan kepada peserta didik  mengapa  kita perlu mempelajari  tentang  ciri-ciri gerakan Muhammadiyah
    Inti (50 menit)
  1. Guru dan siswa membuka aplikasi Google Classroom
  2. Guru Membagikan Tugas 03 (keterampilan) untuk dikerjakan peserta didik tentang bentuk-bentuk penyimpangan dalam beragama yang mengandung unsur syirik, bid’ah, khurafat, dan takhayul di daerah masing-masing
  3. Guru  Menanyakan pada peserta didik apakah sudah dapat memahami  tentang tugas yang harus dikerjakan
  4. Guru  mendampingi  masing-masing peserta didik untuk mengerjakan Tugas 03 dan mengumpulkan sebelum jam KBM berakhir 
    Penutup (5 menit)
  1. Guru melakukan evaluasi   untuk umpan  balik terkait dengan materi yang  telah dikuasai  peserta didik
  2. Guru bersama  peserta didik  menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
  3. Guru menyuruh  kepada  peserta didik untuk belajar dengan giat untuk persiapan ulangan harian 01 
  4. Guru Menutup pelajaran dengan mengucapakan salam.
C. Penilaian  Penilaian Proses dan Hasil Belajar
     Penilaian
     1. Penilaian Sikap
  • Teknik penilaian : observasi 
  • Bentuk penilaian : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
  • Instrumen penilaian : jurnal (terlampir)
     2. Pengetahuan
  • Jenis/Teknik tes :  Tes Tertulis/ Essay Tes
  • Bentuk tes :  PG/Uraian
  • Instrumen Penilaian (terlampir)
    3. Keterampilan
  • Teknik/Bentuk Penilaian : Praktik dan Proyek
  • Instrumen Penilaian (terlampir)



Mengetahui Kepala Sekolah                                            Surakarta , 4 Januari 2021
Kepala Sekolah,                                                                  Guru mata pelajaran,




Sri Darwati, S.Pd , M.Pd                                              Judin, S.Pd.I

Post a Comment