RPP Daring: Ciri-Ciri Gerakan Muhammadiyah
Table of Contents
![]() |
Image: Ricinator/pixabay.com |
Sekolah : SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA
Mata pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok : Ciri-ciri Gerakan Muhammadiyah
Alokasi Waktu : 3 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik dapat:
- Menguraikan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam. (KD 3)
- Menguraikan Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah amar ma`ruf nahi munkar. (KD 3)
- Menguraikan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid. (KD 3)
- Menguraikan Muhammadiyah sebagai gerakan nasional. (KD3)
- Menyusun tayangan power point tentang Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi munkar, tajdid, dan gerakan nasional. (KD4)
- Mempresentasikan tayangan power point tentang Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi munkar, tajdid, dan gerakan nasional (KD 4)
B. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 JP)
Pendahuluan (5 menit)
- Guru Mengucapkan salam
- Guru menunjuk menyampaikan kepada peserta didik untuk berdoa sebelum belajar
- Guru mengecek kehadiran peserta didik
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa pada pertemuan ini
- Guru menyampaikan tentang ruang lingkup matari yang akan dipelajari pada pertemuan hari ini.
- Guru menanyakan kepada peserta didik mengapa kita perlu mempelajari tentang ciri-ciri gerakan Muhammadiyah
Inti (50 menit)
- Guru dan siswa membuka aplikasi Google Classroom
- Guru Membagi materi berupa word, power point, PDF, audio atau video ke Google Classroom tentang ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan gerakan dakwah ‘amar ma’ruf nahi munkar
- Guru Membagikan Tugas 01 untuk dikerjakan peserta didik tentang ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan gerakan dakwah ‘amar ma’ruf nahi munkar
- Guru Menanyakan pada peserta didik apakah sudah dapat memahami tentang tugas yang harus dikerjakan
- Guru mendampingi masing-masing peserta didik untuk mengerjakan Tugas 01 dan mengumpulkan sebelum jam KBM berakhir
- Guru Memberikan Penguatan terkait ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan gerakan dakwah ‘amar ma’ruf nahi munkar
Penutup (5 menit)
- Guru melakukan evaluasi untuk umpan balik terkait dengan materi yang telah dikuasai peserta didik
- Guru menyampaikan tugas kepada peserta didik untuk membaca atau mencari informasi tentang peran Muhammadiyah dalam menjawab masalah-masalah sosial keagamaan
- Guru Menyampaikan materi atau topik yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
- Guru Menutup pelajaran dengan mengucapakan salam
Pertemuan 2 (1 JP)
Pendahuluan (5 menit)
- Guru Mengucapkan salam
- Guru menunjuk menyampaikan kepada peserta didik untuk berdoa sebelum belajar
- Guru mengecek kehadiran peserta didik
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa pada pertemuan ini
- Guru menyampaikan tentang ruang lingkup matari yang akan dipelajari pada pertemuan hari ini.
- Guru menanyakan kepada peserta didik mengapa kita perlu mempelajari tentang ciri-ciri gerakan Muhammadiyah
Inti (50 menit)
- Guru dan siswa membuka aplikasi Google Classroom
- Guru Membagi materi berupa word, power point, PDF, audio atau video ke Google Classroom tentang ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid dan gerakan nasional
- Guru Membagikan Tugas 02 untuk dikerjakan peserta didik tentang ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid dan gerakan nasional
- Guru Menanyakan pada peserta didik apakah sudah dapat memahami tentang tugas yang harus dikerjakan
- Guru mendampingi masing-masing peserta didik untuk mengerjakan Tugas 02 dan mengumpulkan sebelum jam KBM berakhir
- Guru memberikan penguatan terkait ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid dan gerakan nasional
Penutup (5 menit)
- Guru melakukan evaluasi untuk umpan balik terkait dengan materi yang telah dikuasai peserta didik
- Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
- Guru menyampaikan tugas kepada peserta didik untuk membaca atau mencari informasi mendalam tentang peran Muhammadiyah dalam gerakan tajdid dan gerakan nasional
- Guru Menyampaikan materi atau topik yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
5. Guru Menutup pelajaran dengan mengucapakan salam
Pertemuan 3 (1 JP)
Pendahuluan (5 menit)
- Guru Mengucapkan salam
- Guru menunjuk menyampaikan kepada peserta didik untuk berdoa sebelum belajar
- Guru mengecek kehadiran peserta didik
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa pada pertemuan ini
- Guru menyampaikan tentang ruang lingkup matari yang akan dipelajari pada pertemuan hari ini.
- Guru menanyakan kepada peserta didik mengapa kita perlu mempelajari tentang ciri-ciri gerakan Muhammadiyah
Inti (50 menit)
- Guru dan siswa membuka aplikasi Google Classroom
- Guru Membagikan Tugas 03 (keterampilan) untuk dikerjakan peserta didik tentang bentuk-bentuk penyimpangan dalam beragama yang mengandung unsur syirik, bid’ah, khurafat, dan takhayul di daerah masing-masing
- Guru Menanyakan pada peserta didik apakah sudah dapat memahami tentang tugas yang harus dikerjakan
- Guru mendampingi masing-masing peserta didik untuk mengerjakan Tugas 03 dan mengumpulkan sebelum jam KBM berakhir
Penutup (5 menit)
- Guru melakukan evaluasi untuk umpan balik terkait dengan materi yang telah dikuasai peserta didik
- Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
- Guru menyuruh kepada peserta didik untuk belajar dengan giat untuk persiapan ulangan harian 01
- Guru Menutup pelajaran dengan mengucapakan salam.
C. Penilaian Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Penilaian
1. Penilaian Sikap
- Teknik penilaian : observasi
- Bentuk penilaian : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
- Instrumen penilaian : jurnal (terlampir)
2. Pengetahuan
- Jenis/Teknik tes : Tes Tertulis/ Essay Tes
- Bentuk tes : PG/Uraian
- Instrumen Penilaian (terlampir)
3. Keterampilan
- Teknik/Bentuk Penilaian : Praktik dan Proyek
- Instrumen Penilaian (terlampir)
Mengetahui Kepala Sekolah Surakarta , 4 Januari 2021
Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran,
Sri Darwati, S.Pd , M.Pd Judin, S.Pd.I
Post a Comment
2. Komentar sensitif akan dihapus
3. Gunakan bahasa yang sopan dan saling menghargai perbedaan pendapat dan sudut pandang